Mengenai Saya

Foto saya
cuma blog anak kecil yang selalu berusaha untuk jadi dewasa di usianya yang sudah menginjak kepala 2. (masih kecil ga yaaaa??) hahaha.....

Minggu, 14 November 2010

Pilih Mana? Ayah di Rumah ato Ayah di Laut??

Tadi malem, aku jalan-jalan dengan salah satu sahabat terbaikku. Kami sering mnghabiskan waktu bersama, sampe-sampe banyak yang bilang kami mirip. Padahal mah jauh kali sodara….sodara…. dia itu rapih, miss match. Nah, aye? Beuh berantakan! Grasa-grusu, itu kalo dari segi penampilan. Yang lain-lainnya lebih jauuuuuhh…..!!!! Tapi kali ini saya ga mau cerita tentang perbedaan kami.

Yang mau saya certain itu tentang isi pembicaraan kami semalem.


Waktu kami makan di sebuah kedai bakso dia nanya, “kamu lebih milih punya ayah yang kerja di kantor dan stay di rumah atau ayah yang sekarang, yang melaut dan jarang pulang?”. Sebagai anak seorang pelaut jelas saya lebih memilih ayah yang kerja kantoran yang pulang tiap hari. Let’s imagine about it, di hari pertama kamu lahir ke dunia dia cuma ngeliat kamu beberapa jam terus langsung berangkat kembali ke laut. Dan kamu baru kembali liat dia di usia kamu yang kira-kira sudah berusia6,7,  9 bulan ato 10 bulan, ato malah di usia kamu yg sudah menginjak setahun. Di usia segitu emang belom berasa, tapi begitu usia kita udah masuk 2 ato 3 taon usia dimana kita udah mulai bisa berinteraksi sama orang-orang sekitar, sumpah itu ga enak banget!! Ketemu ayah sendiri berasa ketemu orang lain. Butuh waktu buat beradaptasi dulu buat nerima keberadaannya. Ditambah lagi begitu kita udah masuk usia sekolah, ngeliat temen-temen yang lain dianter-jemput ayahnya ke sekolah trus salim sama ayahnya tiap pagi, kita tuh jadi berasa anak yatim. Yaaah walopun kenyataannya ngga gitu...
Sebagai anak seorang ayah yang bekerja di kantor pelayaran BUMN kesejahteraan kami cukup terjamin, Alhamdulillah… Itu secara lahiriyah, tapi secara batiniyah (ca’elaaahh….. gaya beudh bahasanya…) itu ga terpenuhi. Soalnya ga cuma kami yang merasa ketemu orang lain, tapi ayah pun begitu. Jadi komunikasi kami waktu ketemu tu kaku banget…. Ga kaya anak sama ayah, topic pembicaraan sedikit, respon kaku, jarang bercanda ga enak banget kan kalo ngobrol kaya gitu… hadeeeeh…. Makanya, biasanya saya stay cool di kamar daripada terlibat obrolan yang kaku.
Orang-orang bilang punya ayah yang kerja di pelayaran itu enak, duitnya banyak. Halloooooww…. Emang semuanya bisa dibeli sama duit??!!  Ini dia nih pandangan yang salah di beberapa orang. Salah satu dari adikku berpandangan seperti ini. Kalo dideskripsikan secara kasar, ngeliat ayah itu udah kaya ngeliat “kantong duit”. Kalo ada ayah di rumah mintanya macem-macem. Hadeeeeehh…. Bukan salah dia juga sih, secara didikan ayahpun begitu. Kalo beliau pulang langsung ditanya mau kemana? Mau beli apa? Dan hampir semuanya diturutin. Ya selama bertaon-taon begitu, jadi wajar kalo akhirnya tercipta cara pandang seperti itu. Dan bukan salah pendidikan dari ayah juga sih,  pekerjaan ayah yang bikin ayah jadi mendidik kami seperti itu. Rasa bersalahnya yang besar untuk membahagiakan anak-anaknya karna beliau jarang di rumah, jadilah memenuhi hampir semua permintaaan anak-anaknya (yang real aja tapinyaaa…. Haha….) menjadi penebus rasa bersalah beliau. Walopun ngerasa itu salah, tapi saya bisa memaklumi semuanya. Ada sebab pasti ada akibat. Tapi Alhamdulillah di mataku ayah lebih dari sekedar “kantong uang”, itulah yang bikin aku lebih memilih ayah yang selalu pulang ke rumah yang mendampingi dan menjadi saksi pertumbuhan anak-anaknya. Yang bisa diajak share banyak hal, dan bisa kasih banyak pelajaran hidup ke anak-anaknya.
Tapi lingkungan sudah mengajarkanku banyak hal, semua itu pasti ada konsekuensinya. Ayah yang kerja di kantor dan sering pulang ke rumah atopun ayah yang kerja di pelayaran masing-masing punya nilai positif dan negatif. Tergantung gimana kita menyikapinya. Tergantung darimana kita memandangnya. Gimanapun “My daddy is a greatest daddy in the world”.
Well, tulisan ini udah bikin saya mengharu biru di kamar sendirian. Curhat sama laptop aja udah bikin mata bengkak, gimana curhat sama orang?? Hahaha…. Yah…. Walopun ga braturan gini ceritanya, saya harap temen-temen bisa mengambil pelajaran dari tulisan ini (kalo ada, kalo ngga ya buat hiburan aja pengganti sinetron begituuu…. Hwehehe….). Pokoknya, pesen saya kaya lagu de masip “syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah….” (lanjutin sendiri dah tu ye….). The point is, jangan sampe kita terlambat, merasa sesuatu begitu berharga saat kita sudah kehilangan (apapun itu…). Oke, pasti lagi mikir “tumben nih tulisan si Chibi bener”. Hahaha…..

@ chibi room
Minggu, 141110
^___________^

1 komentar:

Anonim mengatakan...

besok kalo cari suami jgn pelaut, pilot, tentara. Pegel bo' di tinggal mulu